• RSS

Saturday, January 12, 2013

Komponen Komunikasi

Setelah kita pahami apa itu komunikasi, maka selanjutnya adalah bagaimana cara penerapannya. Proses komunikas akan berjalan bila komponen-komponen dalam komunikasi itu terpenuhi. Bila salah satu komponen tidak terpenuhi, maka belum dikatakan sebuah proses komunikasi yang sempurna. Ada pun komponen-komponen dalam komunikasi antara lain :

Pengirim(Sender=Sumber) adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.

Pengkodean (Encoding) adalah pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.

Pesan (Massage), pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.

Saluran (Chanel) adalah cara mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.

Penerima (Recaiver) adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi.

Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.

Umpan balik (Feedback) adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi pengirim dinyatakan.

1 comments:

muarra said...

pulsa tidak masuk dalam daftar komponen komunikasi ya mas,,,
nanti klw ga ada pulsa ga bisa komunikasi,,,
hehee

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

 
Blogger Templates